Sabtu, 29 Mei 2010

Hidup Kreatif


HIDUP KREATIF
Untuk dapat bertahan dan menunjukkan eksistensi diri dizaman yang penuh tantangan ini, sangat dibutuhkan kreativitas. Kreativitas adalah kemampuan untuk melahirkan ide dan gagasan baru yang segar dan orisinal untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan yang kita inginkan.
Pada zaman ini perubahan juga terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Banyak penemuan-penemuan dan ilmu baru dilahirkan. Informasi begitu mudah kita dapatkan dengan berbagai media. Pada zaman ini orang yang berkuasa adalah orang yang menguasai teknologi dan informasi. Untuk dapat bersaing dalam era teknologi dan informasi yang mengandalkan kecerdasan dan fleksibilitas ini diperlukan kemampuan berpikir kreatif. Kita melihat dalam dunia bisnis, perusahaan yang tidak kreatif melakukan perubahan dan perbaikan, akan tertinggal dibandingkan yang lainnya yang secara dinamis terus melakukan perubahan dan perbaikan.

Hari ini pertumbuhan manusia juga meningkat dengan sangat pesat. Disisi lain lapangan pekerjaan tidak tersedia seimbang dengan pertumbuhan manusia itu. Sehingga menimbulkan banyak masalah social. Salah satu persoalan utama adalah pengangguran. Bahkan hari ini pengangguran terjadi bukan hanya pada kaum yang tidak terdidik, tapi pengangguran terjadi pada kaum intelektual yang memiliki ijazah sebagai sarjana. Menurut data Dikti tahun 2005 saja, terdapat 300 ribu pengangguran sarjana di Indonesia. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena disebabkan kurangnya kreativitas untuk melakukan perubahan diri. Para pengangguran intelektual itu adalah mereka yang menggantungkan dirinya dari selembar ijazah untuk mencari lowongan kerja yang memang tidak akan pernah mencukupi kebutuhan tenaga kerja. Seharusnya ada keberanian untuk tidak tergantung dengan lapangan kerja, tapi berusaha untuk menciptakan lapangan kerja. Keberanian untuk menciptakan lapangan kerja inilah yang disebut kreativitas. (-Rus-)

Tidak ada komentar: